Kamis, 15 Desember 2011

Dimuat: GET edisi II/Juli 2008
Get readers, pernah dengar kelompok pecinta alam. Olah raga, sanggar tari, or  yang lagi ngetrend nih, kelompok bike to work?.
Kelompok-kelompok tersexbut namanya komunitas. Secara bahasa komunitas berasal dari bahasa Inggris, community, artinya masyarakat. Terus apa itu komunitas? Komunitas adalah kumpulan beberapa orang yang tergabung dalam suatu kelompok dengan satu tujuan dan memilki visi misi tersendiri.
Biasanya komunitas seprt itu biasa diikuti oleh para remaja seperti kita. Bergabung di komunitas dengan tujuan untuk sekedar ngumpul dan ntyari teman baru bisa juga tuh. Why not?
Ada beberapa komunitas  yang cukup banyak anggotanya, terfnama dan cukup punya nama. Seperti komunitas pecinta alam buat kita yang hobi bertualang sembari menikamti indahnya ciptaan Tuhan. Ada juga sanggar tari, bagi cewek-cewek yang hobi menari dan punya misi melestarikan keindahan budaya, inilah tempatnya. Tapi tak tertutup kemungkinan juga buat cowok-cowok. Karena memang ada beberapa tarian yang  diprioritaskan buat cowok.
Masih banyak lagi komunitas lainnya. Mereka cukup punya nama dan anggota yang banyak.
Kalau berniat untk gabung, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, gals. Itu juga salah satu cara untuk mempermudah kita beradaptasi dengan lingkungan komunitas tersebut.
Pertama, kenali bakat dan keinginan kita. Sesuaikah komunita stersebut untuk kita?. Jangan asal milih komunitas, gals. Misalnya nih, kita punya hobi dan bakat melukis, eh malah kita milih komunitas pasang bongkar mesin, sementara jangankan suka, ngerti aja nggak.
Kedua, cari tau seberapa besar komunitas tersebut bisa memberi manfaat bagi kita. Yup! Pastinya jangan asal gabung aja. Kita nggak pernah tau tujuan dan manfaat komunitas buat kita. Yup! Pastinya jangan asal bergabung aja. Sedangkan kita tidak pernah tau apa manfaat komunita tersebut buat kita.
Ketiga, buat target seelah bergabung di komunitas itu. Misalnya kalau kamu bergabung di komunitas seni rupa, maka kita harus punya target untuk enghasilkan karya. Minimal dalam satu tahun ada satu karya yang telah dipamerkan. Gitchu....
Kalau sudah mengetahui bakat kita. Saatnya kita harus memperhatikan prasyarat sebelum bergabung. Biasanya tiap komunitas itu menetapkan syarat-syarat tertentu untuk calon anggotanya. Umumnya syatarnya hanya berupa pasphoto ndan mengisi formulir serta beberapa syarat lain yang menunjang keaktifan kita di komunitas tersebut. Adapun tujuan registrasi ini dibuat untuk mengenal calon anggota yang akan bergabung lebih jauh.
Kalau kita ingin bergabung di komunitas untuk seru-seruan, nambah teman, bararti kita harus lebih selektif untuk memilih komunitas. Jangan bergabung di komunitas Ibu-Ibu kalau memang dunian kita pengen gaul. Otomatis pembicaraan bakal nggak nyambung nantinya. Tetapi pilihlah komunitas yang benar-benar bisa buat kita berani bilang ”gue banget...!!!”
Get readers, semakin nyambung obrolan kita di suatu komunitas  maka semakin betah kita berada di dalamnya. Tapi bukan Cuma komunita sdong yang buat kita betah di sana.
Ada lho manfaatnya gabung di komunitas. Diantaranya adalah mempermudah kita dalam menjalin link. Tanpa harus mencari  dengan susah payah. Kita juga bisa salaing berbagi pengalaman dan ilmu tentang hobi yang kita  jalani. Kalau ada acara apapun, kita pasti menjadi bagian dari acara tersebut. Kita juga lebih mudah dalam menjalankan hobi karena ada dukungan dari komunitas. Pokoknya banyak lagi manfaat lain yang kamu dapatin jika bergabung di suatu komunitas...

Tidak ada komentar: